Profil Neymar JR, Pemain Skill Legend Asal Brazil

Profil Neymar JR, Pemain Skill Legend Asal Brazil

Profil Neymar JR, Pemain Skill Legend Asal Brazil – Neymar da Silva Santos Júnior, juga dikenal sebagai Neymar atau Neymar Jr, adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain untuk klub Prancis Paris Saint-Germain.

Dia berposisi sebagai striker atau winger. Neymar adalah salah satu dari tiga pesepakbola yang menempati peringkat ketiga dalam daftar pemain terbaik di dunia dan hanya masalah waktu sebelum dia melampaui Ronaldo dan Messi. Untuk mengetahui lebih banyak tentang dia, berikut adalah profil Neymar.

Profil Neymar

  • Nama lengkap : Neymar da Silva Santos Júnior
  • Tanggal lahir : 5 Februari 1992 (umur 26)
  • Tempat lahir : Mogi das Cruzes, São Paulo, Brasil
  • Tinggi : 175 m
  • Posisi bermain : Penyerang
  • Klub : Barcelona

Biografi Lengkap

Neymar bernama lengkap Neymar da Silva Santos Júnior adalah seorang pesepakbola yang lahir di Mogi das cruzes, Brazil, pada tanggal 5 Februari 1992. Neymar adalah putra dari Neymar da Silva Sr. dan Nadine Santos. Ayah Neymar adalah mantan pemain sepak bola yang membuat Neymar tertarik dengan sepak bola.

Pada tahun 1992, Neymar dan keluarganya pindah ke São Vicente, di mana ia mulai bermain untuk pemain muda Portuguesa Santista. Namun, setelah bergabung dengan klub kurang dari setahun, ia harus meninggalkan klub, ini karena keluarganya pindah ke kota Santos.

Klub Santos

Pada tahun 2003, Neymar bergabung dengan klub Santos dan di sana ia mengambil langkah pertamanya dalam enam tahun, dan pada usia 17, tepatnya pada 7 Maret 2009 Santos menang dengan skor 201 sebelum Oeste. Neymar mencetak 14 gol dalam 48 pertandingan di musim debutnya.

Neymar memiliki pesona tersendiri dalam permainannya sehingga ia juga menarik perhatian banyak klub besar seperti Real Madrid. Pada tahun 2010, Santos juga menolak tawaran sebesar £12 juta untuk Neymar dari klub Liga Utama Inggris West Ham United, dan kemudian tawaran dari sesama klub Inggris Chelsea, yang diyakini berada di wilayah tersebut, sekitar £20 juta.

Meski begitu, manajernya saat itu, Wagner Ribeiro, sangat menyadari keinginannya untuk berkarir di Eropa. Dia juga memiliki penampilan luar biasa pada musim itu dengan memenangkan FIFA Puskas Award (2011) dan South American Footballer of the Year (2011).

Memasuki musim 2012, Neymar semakin efektif. Dia mencetak golnya yang ke-100 dan memenangkan beberapa penghargaan termasuk Ballon d’Or (2012), Runner-up FIFA Puskas Award (2012) dan South American Footballer of the Year (2012).

Mulai ke Barcelona FC

Meskipun serangkaian kesuksesan Neymar dengan Santos FC, mimpinya bermain di pertandingan Eropa membuatnya pindah ke Barcelona. Ia resmi bergabung dengan Lionel Messi dan rekan-rekannya pada 25 Mei 2013 dengan kontrak 5 tahun.

Neymar melakukan debut kompetitifnya untuk Barcelona pada pertandingan pembuka La Liga musim 2013-2 sebagai pemain pengganti pada menit ke-63 dalam kemenangan 7-0 atas Levante UD.

Pada tanggal 21 Agustus, ia mencetak gol pertamanya untuk Barcelona di leg pertama Supercopa de Espaa 2013 melawan Atletico Madrid. Pada tanggal 26 Oktober 2013, Neymar mencetak gol pertamanya dalam pertandingan El Clásico. Pertamanya sebagai pemain Barça, mengalahkan Real Madrid 2-1 di Camp Nou. Kemudian dalam pertandingan, ia dibantu oleh gol kemenangan tim yang dicetak oleh Alexis Sánchez.

Pada 11 Desember 2013, Neymar mencetak gol pertamanya di Liga Champions. Dan dia mencetak hat-trick dalam kemenangan 6-1 atas Celtic di Grup H.

Bergabung di Paris Saint Germain

Pada 3 Agustus 2017, Neymar resmi bergabung dengan Paris Saint-Germain setelah akuisisi. Klausul pembelian kembali sebesar 222 juta euro membuatnya menjadi pemain termahal di dunia, melampaui Paul Pogba, yang memecahkan rekor pada 2016 setelah dibeli langsung seharga 105 juta euro.

Posisi utama Neymar biasanya adalah seorang striker, seorang winger atau terkadang seorang gelandang serang. Neymar juga sering bermain sebagai striker untuk klub dan negara dalam formasi 4-3-3. Dan terkadang melayang ke posisi sayap berkat kecepatan atletis dan keterampilannya sebagai point guard dalam permainan pertarungan.

Menggiring bola, teknik, dan keterampilan bermainnya sangat mengesankan yang mengingatkan kita pada rekan senegaranya Ronaldinho.

Jadi itulah profil neymar, karir dan prestasi “Neymar Jr.” Sebagai pemain sepak bola profesional dunia, semoga kamu mendapatkan wawasan setelah membaca artikel ini ya.

Baca juga : Profil Nadeo Argawinata, Kiper Penyelamat Kemenangan Timnas