Profil Pratama Arhan, Pemain Sangar Disewa Jepang

Profil Pratama Arhan, Pemain Sangar Disewa Jepang

Profil Pratama Arhan, Pemain Sangar Disewa Jepang – Mempertahankan tim Indonesia di leg pertama semifinal Piala AFF 2020 merupakan pencapaian luar biasa bagi pesepakbola muda ini. Persaingan yang agresif dan fokus menjadi kelebihan pria ini. Hal ini membantunya meraih gelar Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020. Di Timnas Indonesia ini, Arhan berposisi sebagai bek kiri.

PSIS Semarang adalah tempat Arhan memulai karir seniornya sebagai pesepakbola Indonesia. Bersama PSIS Semarang, ia tampil sebanyak 6 kali untuk Tim Garuda. Dua gol dan tiga assist menjadi pencapaiannya. Berkat penampilannya, Arhan menarik perhatian beberapa klub asing.

Biodata dan Profil Lengkap Arhan Pratama

  • Nama Lengkap : Pratama Arhan Arif Rifai
  • Nama lain : Arhan Pratama
  • Tempat : Blora, Jawa Tengah
  • Tanggal Lahir : 21 Desember 2001
  • Zodiak : Sagitarius
  • Usia : 20 Tahun
  • Agama : Islam
  • Tinggi Badan : 170 cm
  • Berat Badan : –
  • Asal Klub : PSIS Semarang
  • Posisi Bermain : Left Back
  • Hobi : Bermain bola
  • Karir Junior : SSB Putra Mustika, Akademi Terang Bangsa, PSIS semarang
  • Karir Tim Nasional : Indonesia U19(2020), Indonesia (2021)
  • Dikenal lewat : Semifinal Piala AFF 2020
  • Nama Pasangan : Marshella Aprilia
  • Nama Orangtua : Surati (ibu) dan Sutrisno (ayah)
  • Kewarganegaraan : Indonesia
  • Akun TikTok : –
  • Akun Twitter : –
  • Instagram : @pratamaarhan8
  • YouTube : –
  • Facebook : Pratama Arhan

Dia belajar sepak bola di sana selama tiga tahun. Kemudian bergabung dengan SSB Biasa Terang, salah satu SSVB terbaik di Semarang. Runner-up EPA U-18 Ligue 1 2018 bersama PSIS U-18 menjadi salah satu prestasi yang diraihnya. Green menarik perhatian pelatih ini.

Pada akhirnya, nama Arhan menjadi salah satu pemain yang menjalani pemusatan latihan di Kroasia bersama timnas U-19. Menjadi kapten adalah keyakinan yang dimiliki pelatih saat masih menjadi pemain berkostum Kroasia. Ia juga menandatangani kontrak profesional dari PSIS Semarang.

Dilirik Klub Jepang

Persaingan yang agresif dan fokus menjadi kelebihannya, ia dengan apik menyelamatkan gawang Malaysia dengan skor -0 di Piala AFF 2020, saat ia berada di posisi bek kiri berbaju timnas Indonesia. Gol Malaysia berhasil dibobol oleh tendangan yang sangat cemerlang dari luar kotak. Penampilan terbaiknya mendapat pujian dan dinobatkan sebagai man of the match di ajang bergengsi tersebut.

Bek kiri Timnas Indonesia Pratama Arhan menjadi andalan Shin Tae-yong di timnas Indonesia dan akhirnya bergabung dengan klub Liga Jepang Tokyo Verdy. Pada Rabu (16 Februari 2022), Pratama Arhan diberitahu oleh klub lapis kedua Liga Premier Jepang jika mereka menandatangani Pratama Arhan.

Masuk Tim Skuad Piala AFF 2020

Karir baru ini layak dipercayakan kepada Pratama Arhan yang telah menarik perhatian publik dengan menduduki posisi di sisi kiri timnas Indonesia. Selama Piala AFF 2020, pemain yang mengawali karir panjangnya bersama PSIS Semarang ini tampil sebanyak enam kali untuk tim Garuda.

Dalam semua aksi itu, ada dua gol dan tiga assist yang disumbangkan Pratama Arhan untuk tim asuhan Shin Tae-yong.
Jika melihat penampilannya di Piala AFF 2020, tidak berlebihan jika menyebut Pratama Arhan sebagai salah satu pilar timnas Indonesia nanti. Selain itu, pemain berusia 20 tahun ini juga banyak diburu klub asing berkat penampilannya yang menawan.

Masuk SSB Terbaik Semarang

Arhan kemudian bergabung dengan salah satu SSB terbaik di Semarang, yaitu SSB Terang Bangsa. Pratama Arhan Alif Rifai (depan) saat akan tampil pada pertandingan 2017 melawan Akademi Terang Bangsa, Semarang. Pada 2020, Pratama menjadi salah satu andalan timnas U-19 Indonesia.

Di sana, bakatnya terlacak radar PSIS Semarang yang saat ini sedang membentuk tim U-18 Elite Pro Academy (EPA).
Pada tahun 2018 bergabung dengan PSIS U-18 dan meraih sukses sebagai Runner-up EPA Liga 1 U-18 2018. Kemudian Arhan dipromosikan ke tim PSIS U-20 pada tahun 2019 dan sejak itulah karirnya berlanjut. untuk meningkatkan level tim nasional.

Potensi besar Pratama Arhan ditemukan oleh Shin Tae-yong yang saat itu sedang mempersiapkan tim terbaik untuk Piala Dunia U-20 2021 di sebuah kamp pelatihan di Kroasia.

Saat itu, ia melakoni debutnya untuk timnas U-19 melawan Bulgaria U-19 dalam laga uji coba pada 5 September 2020.
Pemain PSIS Semarang ini pun mengukir prestasi tersendiri untuk menjadi kapten tim. Selama berkiprah di tim Kroasia, ia juga kerap menjadi kapten timnas Indonesia U-19.

Kontrak Profesional PSIS Semarang

Setelah menyelesaikan TC di Kroasia dan kembali ke Indonesia, Pratama Arhan langsung mendapatkan kontrak profesional dari PSIS Semarang.

Debut profesionalnya terjadi saat tim asuhan Mahesa Jenar tampil di turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Selama turnamen tersebut, pemain berusia 20 tahun itu sukses mencatatkan empat penampilan. Selain itu, dua gol dan satu assist diberikan kepada PSIS.

Penampilan impresifnya bersama PSIS di Menpora Cup 2021 membuahkan hasil. Pratama Arhan memenangkan penghargaan Pemain Muda Terbaik Piala Menpora pada tahun 2021. Performa buruk.

Pasalnya, pelatih asal Korea itu langsung memberi Arhan kesempatan pertama saat Timnas Indonesia menghadapi Oman dalam laga uji coba.

Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia

Pada pertandingan 19 Mei 2021, Arhan bermain penuh 90 menit untuk mempertahankan pertahanan tim Indonesia.
Sayang, tim Garuda saat itu harus mengakui keunggulan lawan setelah kalah dengan skor 1-3. Sejak saat itu, Arhan selalu dipercaya untuk menjaga pertahanan kiri Garuda.

Hal ini juga terus terjadi saat Timnas Indonesia menghadapi tiga pertandingan tersisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Asia.
Dalam tiga laga yang dihadapi tim Garuda, yakni melawan Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab, Arhan selalu tampil percaya diri bermain penuh.

Sejauh ini, selain kiprahnya di Piala AFF 2020, Arhan sudah 14 kali tampil untuk timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong di berbagai ajang.

Di luar kedua usia tersebut, Shin Tae-yong selalu memberikan posisi bek kiri kepada Arhan di timnas U-23 Indonesia.
Pada saat ini, tim Garuda bermain melawan Australia dalam dua pertandingan Grup G. Sayangnya, semua pertandingan ini berakhir dengan kemenangan tim lawan. Pada laga pertama, tim Garuda Muda sempat memimpin 2-3, sedangkan pada leg kedua kalah 0-1.

Jadi itulah profil pratama arhan semoga dapat menginspirasi kamu dan menambah wawasan ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga : Profil Asnawi Mangkualam, Pemain Speed Epic Timnas Indonesia